Tugas XII “MANAJEMEN PEMASARAN”   Leave a comment

Nama   :           Mochamad Febi Habibie

NIM    :           43110010140

“MANAJEMEN PEMASARAN”

TUGAS XII

SOAL

  1. Langkah apa saja yang tercakup dalam pengembangan program iklan ?
  2. Bagaimana seharusnya promosi penjualan dilakukan ?
  3. Apa pedoman/panduan untuk acara khusus (event) dan pengalaman pembangunan merek secara efektif ?
  4. Bagaiman cara perusahaan – perusahaan memanfaatkan atau mengeksploitasi potensi hubungan masyarakat dan pemberitaan ?

JAWABAN

1. Dengan langkah :

  • Manajer-manajer pemasaran harus selalu mulai dengan mengidentifikasi pasar sasaran dan motif pembeli.
  • Mengambil 5 keputusan utama dalam mengembangkan program iklan, yaitu
    • Mission (misi) : apa saja tujuan iklan tersebut.
    • Money (uang) : berapa banyak yang dibelanjakan/dikeluarkan.
    • Message (pesan) : pesan apa yang seharusnya disampaikan.
    • Media : melalai media apa saja yang akan digunakan.
    • Measurement (ukuran) : dampak dari 4M di atas bagi penjualan.

2. Dilakukan dengan :

  • Menawarkan insentif  untuk membeli, mencakup alat untuk promosi konsumen, seperti sampel, kupon, tawaran uang kembali, potongan harga, cindramata, hadiah, hadiah berlangganan, garansi, dll.
  • Dengan menetapkan tujuan utama, yaitu ;
    • Menetapkan tujuan : diperoleh dari tujuan promosi yang lebih luas, & dari tujuan pemasaran yang lebih mendasar yang dikembangkan untuk produksi tersebut. Bagi konsumen, tujuannya meliputi upaya mendorong pembelian unit-unit yang berukuran lebih besar, menciptakan pengujian produk diantara non-pemakai, menarik orang yang beralih merek dari pesaing.
    • Memilih alat promosi konsumen : dengan memperhitungkan jenis pasar, tujuan promosi penjualan, kondisi pesaing, dan efektifitas masing-masing alat.
    • Memilih alat promosi perdagangan : produsen menggunakan sejumlah alat promosi perdagangan seperti, potongan harga, tunjangan dana, & barang gratis.
    • Memilih alat promosi bisnis dan promosi tenaga penjualan : seperti, pameran dagang dan kovensi, kontes penjualan, iklan khusus.
    • Mengembangkan program : dengan menggabungkan beberapa media ke dalam suatu konsep kampanye total.
    • Pra-pengujian, implementasi, pengendalian dan evaluasi program, untuk menentukan apakah alat tersebut tepat, apakah besarnya insentif tersebut optiman dan apakah metode penyajiannya efisien.

3. Mencakup :

  • Memilih peluang untuk acara khusus,
  • Merancang program pensponsoran.
  • Mengukur kegiatan pensponsoran.
  • Mengidentifikasi pasar sasaran khusus/gaya hidup.
  • Meningkatkan kesadaran nama perusahaan/produk.
  • Menciptakan/mengukuhkan presepsi konsumen tentang asosiasi citra merek.
  • Meningkatkan dimensi citra perusahaan
  • Mengungkapkan komitmen pada komunitas/pada isu sosial.
  • Menghibur klien utama/mengimbali karyawan kunci.
  • Memungkinkan peluang perdagangan/promosi.

4. Dengan cara :

  • Melalui alat-alat utama dalam Humas Pemasarn seperti, terbitan, acara-acara, pemberian dana sponsor, berita, ceramah, kegiatan layanan masyarakat & media identitas.
  • Menetapkan tujuan pemasaran, dimana MPR (marketing public relations) membangun kesadaran dengan menempatkan berita di media untuk menarik perhatian orang pada suatu produk, jasa, orang, organisasi atau gagasan.
  • Memilih pesan dan saran, dengan manajer-manajer MPR mengidentifikasi atau mengembangkan cerita-cerita yang menarik untuk disampaikan tentang suatu produk tersebut.
  • Melaksanakan rencana dan mengevaluasi hasilnya, tiga pengukuran efektifitas MPR yang umum digunakan adalah jumlah paparan; perubahan kesadaran, pemahaman, sikap, & sumbangannya terhadap penjualan dan laba

Posted June 20, 2011 by mochachamo in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: