Tugas XI “MANAJEMEN PEMASARAN”   Leave a comment

Nama   :           Mochamad Febi Habibie

NIM    :           43110010140

“MANAJEMEN PEMASARAN”

TUGAS XI

SOAL

  1. Apa yang dimaksud dengan jaringan nilai dan sistem saluran pemasaran ?
  2. Tugas apa yang dilakukan saluran pemasaran ?
  3. Bagaimana saluran pemasaran dirancang ?
  4. Keputusan apa saja yang dihadapi perusahaan dalam mengelola saluran pemasaran ?
  5. Bagaimana perusahaan harus memadukan dan mengelola konflik saluran ?
  6. Apa isu kunci dan masa depan dalam e-commerce ?

JAWABAN

1. Jaringan Nilai ( Value Network ) adalah ssebuah sistem kemitraan dan aliansi yang diciptakan perusahaan untuk menyediakan, menambah, dan menghantarkan penawarannya

Sistem Saluran Pemasaran ( Marketing Channels ) : Merupakan perangkat saluran pemasaran khusus yang digunakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi – organisasi yang saling tergantung yang tercakup dalam proses yang membuat produk atau jasa menjadi tersedia untuk digunakan/dikonsumsi.

2. Tugasnya adalah memindahkan barang dari produsen ke konsumen.

Dan memiliki fungsi sebagai fungsi informasi, komunikasi, negosiasi, pemesanan, keuangan, pembiayaan, pengambilan risiko, kepemilikan(distribusi) fisik, pembayaran, transfer dan hak milik dari barang dan jasa yang diinginkan.

3. Dengan cara :

  • Menganalisis Kebutuhan Konsumen atau Tingkat Output Jasa yang Dibutuhkan Konsumen, Sehingga Saluran Pemasaran Menghasilkan 5 Output Jasa, yaitu :

1)                Ukuran Lot, yaitu jumlah unit yang diijinkan saluran untuk dibeli oleh pelanggan umum dalam satu peristiwa.

2)                Waktu tunggu dan waktu pengiriman, yaitu rata-rata waktu tunggu pelanggan saluran untuk menerima barang.

3)                Kenyamanan Spasial, yaitu tingkat dimana saluran pemasaran membuat konsumen lebih mudah membeli produk.

4)                Keragaman Produk, yaitu tingkat dimana saluran pemasaran membuat konsumen lebih mudah membeli produk.

5)                Keragaman Produk, yaitu rentang pilihan yang disediakan oleh saluran pemasaran.

6)                Dukungan Layanan, yaitu jasa tambahan ( kredit, pengiriman, instalasi, perbaikan ) yang disediakan oleh saluran.

  • Menetukan Tujuan dan Hambatan

Pemasar harus menyatakan tujuan saluran mereka berdasarkan tingkat hasil jasa yang ditargetkan. Tujuan saluran bervariasi tergantung pada karakteristik produk.

  • Mengidentifikasi dan Mengevaluasi Alternatif Saluran Utama
    • Perusahaan dapat menggunakan alternatif saluran melalui 3 elemen, diantaranya :

1)      Jenis – jenis Perantara, yaitu perusahaan harus mengidentifikasi jenis – jenis perantara yang tersedia untuk melakukan pekerjaan salurannya.

2)      Jumlah Perantara, yaitu perusahaan harus memutuskan jumlah perantara yang akan digunakan pada setiap tingkat saluran.

3)      Syarat dan Tanggung Jawab Anggota Saluran, yaitu setiap anggota saluran harus diperlakukan dengan hormat dan memberikan peluang bagi saluran tersebut untuk menghasilkan keuntungan.

  • Mengevaluasi Alternatif Utama, masing – masing alternatif saluran perlu dievaluasi terhadap kriteria ekonomi, kriteria kendali, dan kriteria adaptif.

4.Keputusan dalam :

  • Memilih Anggota Saluran
  • Melatih dan Memotivasi Anggota Saluran
  • Mengevaluasi Anggota Saluran
  • Memodifikasi Rancangan dan Pengaturan Salur

5. Yaitu :

  • Perusahaan akan mengintegrasikan saluran dengan cara perusahaan membuat pemasaran multi saluran ( Multichannel Marketing ), artinya perusahaan menggunakan dua atau lebih saluran pemasaran untuk menjangkau satu atau lebih segmen pelanggan.

Pengelolaan konflik saluran yang efektif :

  • Penggunaan sasaran yang paling tepat, yaitu anggota – anggota saluran mencapai kesepakatan tentang tujuan mendasar yang dicari bersama, apakah itu kelangsungan hidup, pangsa pasar, mutu yang tinggi, atau kepuasan pelanggan.
  • Saling menukar orang – orang antara dua atau lebih tingkat saluran.
  • Dengan cara kooptasi, yaitu upaya dari salah satu organisasi untuk memperoleh dukungan pemimpin organisasi lainnya dengan menyertakan mereka dalam dewan penasehat, dewan direksi dan sejenisnya.
  • Mendorong keanggotaan bersama di dalam dan diantara perhimpunan-perhimpunan perdagangan
  • Dengan Diplomasi, yaitu masing – masing pihak mengirimkan seseorang atau sekelompok orang untuk bertemu dengan pihak lawan untuk menyelesaikan konflik.
  • Mediasi, artinya memilih pihak ketiga yang netral dan memiliki keahlian yang dapat mendamaikan kepentingan kedua belah pihak.
  • Arbitrasi, yaitu dua pihak setuju memaparkan permasalahan mereka kepada satu atau lebih arbitrator dan menerima keputusan arbitrator

6. Isu Kunci dalam e-commerce yaitu :

    1. Interaksi pelanggan dengan situs Web
    2. Pengiriman produk
    3. Kemampuan mengatasi masalah ketika masalah itu terjadi

Posted June 12, 2011 by mochachamo in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: