Tugas IX “MANAJEMEN PEMASARAN”   Leave a comment

Nama   :           Mochamad Febi Habibie

NIM    :           43110010140

“MANAJEMEN PEMASARAN”

TUGAS IX  

1. 10 contoh dari masing-masing kategori bauran jasa :

v        Barang berwujud murni : Tawaran yang hanya terdiri dari barang berwujud.           Tidak ada jasa yang menyertai produk ini.

Contoh :

1.)      Perlengkapan mandi, sabun, pasta gigi, shampo karena fungsinya untuk                     membersihkan tubuh, kepala & rambut akan tetapi berbentuk barang.

2.)      Sandal refleksi

3.)      Sofa pemijat, untuk memijat/merilekskan tubuh.

4.)      Alat – alat senam, matras untuk senam lantai.

5.)      Alat – alat fitnes, seperti barble untuk membentuk tubuh yang ideal(indah).

6.)      Tempat tidur berserta kelengkapannya, seperti bantal, guling dan bed                         cover atau selimut yang lembut untuk mendapatkan kenyamanan ketika                   beristirahat.

7.)      Alat – alat transportasi, sepeda, mobil, kendaraan bermotor dll.

8.)      Media cetak, seperti majalah, koran dan buku – buku.

9.)      Media elektronik, seperti televisi, radio, telpon dan handphone.

10.)  Obat-obatan, seperti bodrex untuk menyembuhkan sakit kepala, procold                     untuk flu, diapet untuk diare.

v        Barang berwujud yang disertai layanan(jasa) : Tawaran terdiri dari barang                  berwujud yang disertai dengan satu atau beberapa layanan.

Contoh :

1.)    Penjualan laptop yang disertai dengan layanan untuk instalasi atau perbaikan.

2.)    Penjualan mobil.

3.)    Pameran, pameran mobil, lukisan dll.

4.)    Jasa pengiriman barang, JNE & TIKI untuk mengirimkan barang sacara cepat sampai tujuan dengan ruang lingkup lintas negara

5.)    Jasa tukang pos

6.)    Jasa pemeliharaan taman(halaman rumah)

7.)    Kursus/pelatihan komputer

8.)    Pengisian bahan bakar (SPBU)

9.)    Jasa/pelatihan stir mobil

10.)  Jasa penyewaan busana.

v        Campuran : Tawaran yang terdiri dari barang atau jasa dengan proporsi yang sama/seimbang.

Contoh :

1.)    Toko Butik, karena ia membuat/memproduksi produk dan sekaligus melayani pelanggannya sendiri.

2.)    Restaurant (tempat makan) seperti KFC dan MC Donald

3.)    Rumah makan durian montong.

4.)    Taman buah, seperti taman buah Mekar Sari yang sekaligus menjual buah-buahan segar yang bisa langsung dipetik sendiri oleh pengunjung.

5.)    Kebun binatang.

v        Jasa utama yang disertai barang dan jasa tambahan : Tawaran yang terdiri dari satu jasa utama yang disertai jasa tambahan atau barang pendukung.

Contoh :

1.)    Dokter yang memberikan pelayanan kesehatan untuk mengobati pasiennya, kemudian ia memberikan obat ( sebagai barang pendukung) untuk para pasiennya.

2.)    Layanan transportasi udara,

3.)    Hotel yang menyewakan atau menyediakan tempat untuk beristirahat dengan tawaran mendapatkan makanan gratis.

4.)    Jasa tata rias/make-up, untuk mendapatkan penampilan yang indah.

5.)    Jasa pencucian mobil.

6.)    Jasa laundry (pencucian pakaian)

7.)    Kost-kostan, kontrakan

8.)    TPU, jasa penguburan.

9.)    Tempat bermain anak-anak, seperti Time Zone.

10.) Jasa cleaning service

v        Jasa murni : Tawaran yang haya terdiri dari jasa.

Contoh :

1.)    Jasa potong rambut

2.)    Babysitter (penjaga bayi)

3.)    Jasa memijat

4.)    Jasa psikoteraphy

5.)    Jasa body guard

6.)    Jasa pengobatan alternatif, seperti pengobatan melalui aura atau tenaga dalam yang disalurkan oleh orang pinter (yang memiliki indra ke-6).

7.)    Buruh

8.)    Servent (PRT)

2. Generalisasi jasa,

v        Jasa berbasis peralatan & berbasis orang.

Contoh :

1.)    Pencucian mobil otomatis

2.)    Mesin penjual minuman

3.)    Mesin penjual makanan (snack ringan)

4.)    Jasa mencuci/membersihkan jendela gedung-gedung bertingkat.

5.)    Jasa akuntan.

v        Jasa berbasis kehadiran klien.

Contoh :

1.)    Dokter, karena ketika membedah, mengoperasi, memeriksa, untuk menyembuhkan pasien perlu kehadiran pasiennya.

2.)    Salon kecantikan

3.)    Jasa potong rambut

4.)    Jasa pemijatan

5.)    Jasa prikoteraphy

v        Jasa berbasis pemenuhan kebutuhan perorangan (jasa personal)/(jasa bisnis):

Contoh :

1.)    Dokter menetapkan harga yang berbeda untuk para pasiennya sesuai dengan penyakit yang diderita dan kemampuan/daya bayar pasien.

2.)    Jasa baby sitter

3.)    Buruh

4.)    Servent / PRT

5.)    Bisnis penjualan motor secara lelang

v        Jasa berbasis tujuannya (laba atau nirlaba)/(kepemilikan swasta atau pemerintah) :

Contoh :

1.)    Rumah sakit investor swasta, seperti RS SILOAM

2.)    Rumah sakit yayasan amal swasta

3.)    Rumah sakit pemerintah, RSPAD Gatot Subroto untuk para veteran.

3. Strategi memasarkan jasa :

v        Pemasaran Eksternal : Menggambarkan pekerjaan normal yang dilakukan oleh perusahaan untuk menyiapkan, memberi harga, mendistribusikan dan mempromosikan suatu jasa pada konsumen.

Contoh :

1.)    Promosi meng-iklankan via internet dengan membuat website.

2.)    Meng-iklankan melalui media elektronik, seperti iklan di televisi.

v        Pemasaran Internal : Menjelaskan pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan untuk melatih dan memotivasi pegawainya agar melayani pelanggan dengan baik.

Contoh :

1.)    Pelatihan dan pengembangan karyawan malalui kursus/pelatihan yang sesui dalam masing-masing bidang pekerjaan, dikhususkan untuk para karyawan yang memiliki keahlian yang kurang.

2.)    The Community Hospital di Radford, Illnois, menyediakan dana $10,000 yang siap dibayarkan kepada pasien yang mengajukan keluhan yang masuk akal mulai dari makanan dingin hingga terlalu lama menunggu di ruang gawat darurat. Itu merupakan “pancingan” karena sisa uang yang tidak terpakai hingga akhir tahun akan dibagikan kepada para pegawai rumah sakit itu. Rencana itu menambah insentif yang luar biasa bagi para staf untuk memperlakukan pasien dengan baik.

v        Pemasaran Interaktif : Menggambarkan keahlian pegawai dalam melayani klien.

Contoh :

1.)    Charles Schwab, pialang terbesar obligasi diskonto A.S. utama menggunakan Web untuk menciptakan suatu kombinasi inovatif antara jasa sentuhan tinggi dan teknologi tinggi.

2.)    Aramark, jasa berbasis makanan katering untuk rumah sakit-rumah sakit yang terdapat di Philadelphia, dengan menciptakan basis data yang menelusuri hal-hal yang lebih disukai para pasien secara individual yang disusun bedasarkan rumah sakit secara regional dan nasional.

Posted May 30, 2011 by mochachamo in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: