Tugas III “MANAJEMEN PEMASARAN”   Leave a comment

“ MANAJEMEN PEMASARAN “

SOAL TUGAS III

  1. Sebutkan apa saja komponen dari sistem informasi pemasaran modern ?
  2. Apa saja catatan Internal yang bermanfaat ? Meliputi apa saja!
  3. Apa yang dilibatkan dalam sistem intelegensi pemasaran?
  4. Apa yang dimaksud dengan lingkungan Makro serta komponennya dan bagaimana mempengaruhi aktivitas perusahaan ?
  5. Meliputi apa saja lingkungan internal perusahaan dan bagaimana mempengaruhi aktivitas pemasaran ?

JAWABAN

  1. – Komponen-komponen sistem informasi pemasaran modern, :
  • Catatan Perusahaan Internal (Internal Record)
  • Kegiatan pencarian inteligen pemasaran (Marketing Intelegence)
  • Riset Pemasaran (Marketing Research)
  • Analisis pendukung keputusan pemasaran (Information Analisis)
  1. Laporan internal mengenai pesanan, penjualan, harga, biaya, level persediaan, piutang, utang, dsb. Dan meliputi Laporan Keuangan secara terperinci dari suatu Perusahaan tsb. misalnya menganalisis neraca konsolidasi Perusahaan apabila suatu perusahaan tsb. memakai laporan keuangan bentuk ini. Dengan menganalisis informasi itu, para Manajer Pemasaran dapat menemukan peluang dan masalah yang penting.
  1. Dalam intelegensi pemasaran, melibatkan seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan oleh para manajer untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan di lingkungan pemasaran. Dengan cara, :
  • Membaca buku
  • Surat kabar
  • Publikasi perdagangan
  • Berbicara langsung dengan pelanggan, pemasok, & distributor.
  • Bertemu dengan para Manajer perusahaan lain.
  1. Lingkunan Makro, ;

Adalah lingkungan di luar Perusahaan yang dapat mempengaruhi segala aktivitas yang terjadi pada lingkungan dalam suatu perusahaan.

  • Ekonomi :        -Inflasi = Harga Keb.pokok, (sembako), nilai tukar mata uang asing dengan nilai mata uang dalam negeri, apakah Berkurang ↓ (Depresiasi), atau bertambah ↑ (apresiasi)

-Suku bunga

  • SDA (Natural Force)

–          Teknologi (tersedia di negara tempat produksi & pemasaran)

–          Politik (di dalam suatu negara)

–          Budaya

  1. Lingkungan internal perusahaan, :
  • Top management (Baik dalam mengelola segala sesuatu di dalam suatu perusahaan, baik itu sistem keuangannya, menempatkan SDM yang sesui kemampuan(organizing), Planning, rencana besar perusahaan untuk kedepannya, dan controlling )
  • Finance
  • R & D
  • Purchasing
  • Manufacturing Accounting

Posted April 17, 2011 by mochachamo in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: