Tugas I “Manajemen Pemasaran”   Leave a comment

Nama               :           Mochamad Febi Habibie

NIM                :           43110010140

Mata Kuliah    :           Manajemen Pemasaran

PERKEMBANGAN MARKETING ABAD 21

Abad 21 ini adalah abad informasi, sistem informasi dunia yang ditulangpunggungi oleh telekomunikasi dan komputer (internet) akan banyak mempengaruhi gaya hidup, sistem politik, kehidupan social-budaya, dan kecendrungan Ekonomi.

Pemasaran adalah ilmu/seni menjelajah, menciptakan, dan menyampaikan nilai-nilai untuk memuaskan kebutuhan pasar sasaran (target market) demi laba. Namun demikian, pemasaran lebih merupakan keahlian dan profesi, dibandingkan seni.

Ilmu pemasaran merupakan ilmu yang paling banyak dipelajari dan dikembangkan, bersifat dinamis dan selalu mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman.

Perubahan dalam dunia pemasaran merupakan suatu keharusan, hal ini dikarenakan dunia bisnis sebagai induk dari pemasaran- terus menerus berubah menyesuaikan diri dengan kemajuan jaman.

Pada masa kini, Konsep-konsep utama yang digunakan dalam pemasaran adalah segmentasi, targetting, positioning, kebutuhan, keinginan, permintaan, penawaran, brand, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi, hubungan dan jejaring, jalur pemasaran, rantai distribusi (supply chain), persaingan, lingkungan pemasaran, serta program pemasaran.

Marketing pada abad 21 ini didukung oleh teknologi internat yang membuat Marketing mempunyai segmentasi yang lebih luas. Dengan demikian, pemasaran disamping akan banyak dipengaruhi oleh informasi, dalam diri pemasaran akan mengalami pergeseran-pergeseran baru yang sifatnya strategis.  Hampir semua perusahaan yaitu Perusahaan besar maupun Perusahaan kecil menggunakan media internet sebagai media pemasaran suatu perusahaan tsb. Dalam hal ini, Internet adalah sebuah revolusi teknologi yang memudahkan semuanya, mulai dari menyediakan informasi yang berbentuk teks hingga multimedia film. Ini adalah suatu terobosan inovasi yang luar biasa. Inovasi merupakan proses untuk menghantarkan nilai tambah bagi pelanggan. Pemasangan iklan di web, blog, facebook, twitter, dll adalah yang paling banyak dilakukan oleh Marketer.

Marketer ialah seseorang yang memasarkan suatu produk barang maupun jasa kepada masyarakat (konsumen) melalui berbagai media, memasarkan dalam secara langsung maupun secara tidak langsung.

Dalam masa kini, pemasar dituntut untuk dapat mengetahui bagaimana kejadian-kejadian yang ada di berbagai belahan dunia mempengaruhi pasar domestic, peluang dalam pencarian terobosan baru, dan tentu saja bagaimana perkembangan-perkembangan tsb. akan mempengaruhi pola pemasaran pada Perusahaan.

#          Pergeseran-pergaseran paradigma dalam bidang Marketing/Pemasaran di abad 21 ini, :

Tujuan pemasaran

Kepuasan konsumen tidak lagi sebagai andalan, tetapi harus dibarengi dengan hubungan baik dengan konsumen.

Strategi pemasaran

Dalam persaingan, tidak lagi menyarang pada kelemahan lawan yang, tetapi justru apa yang menjadi kekuatan lawan yang akan diserang.

Taktik pemasaran

Program-program untuk membantu pelaksanaan strategi pemasaran bukan lagi promosi sebagai ujung tombaknya, tetapi di baurkan dengan komunikasi pemasaran agar konsumen yakin akan produk yang dipromosikan. Paduan antara promosi dan komunikasi pemasaran akan membentuk bauran komunikasi pemasaran yang lebih berbobot, karena merupakan gabungan antara hard selling dan soft selling.

Produk

Produk yang dihasilkan bukan lagi berpijak kepada kualitas, tetapi telah bergeser kearah produk yang ramah lingkungan.

Persaingan pasar

Perusahaan dalam rangka untuk memenangkan dalam persaingan, tidak akan mengandalkan lagi kepada harga, tetapi lebih mengarah kepada pelayanan yang memuaskan konsumen.

Konsumen Vs Produk

Konsumen yang menjadi sasaran penawaran hasil produknya, akan bergeser dari mass market/konsumen umum, dimana satu produk untuk semua golongan dan jenis konsumen yang ada dalam masyarakat umum, kearah konsumen target dimana setiap segmen konsumen menjadi sasaran dari produk tertentu yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Saluran distribusi

Fokus pada aspek distribusi, terutama untuk produk nyata atau produk konsumen, tidak lagi adanya penyebaran yang meluas. Tetapi harus diikuti dengan adanya pelayanan kepada konsumen yang memuaskan.

Cara menjual

Tidak mengandalkan lagi kepada manfaat produk, tetapi harus dibarengi dengan menjual solusi, yaitu mengatasi problema yang dialami oleh konsumen terhadap produk tertentu.

Bauran pemasaran

Menurut Lauterborn, dalam pemasaran yang menghandalkan kepada hubungan baik dengan konsumen, sebaiknya bauran pemasaran yang berorientasi kepada produsen, harus sejalan dengan bauran konsumen yang berorientasi kepada konsumen :

1. product –> customer value

2. price –> customer cost (daya beli konsumen)

3. place –> convenience (nyaman)

4. promotion –> communication (komunikasi)

Bauran promosi

Bauran promosi atau promotion mix, yang terdiri dari iklan, promosi penjualan, publikasi, dan penjualan tatap muka, akan bergeser menjadi bauran komunikasi pemasaran, yang terdiri dari :

1. iklan (ATL, BTL)

2. promosi penjualan (kupon hadiah, kuis, undian, demonstrasi, bonus, diskon, pajangan)

3. penjualan tatap muka (door to door, pertemuan dengan sekelompok konsumen)

4. komunikasi pemasaran

(advertorial, artikel, seminar, pameran, tatap muka dengan wartawan, talk show,    ceramah keliling, publikasi, sponsor, lobi)

5. pemasaran langsung (katalog, telepon, TV home shopping, e-commerce)

Dengan bauran komunikasi pemasaran, yang merupakan paduan dari program-program hard selling/promosi, dan soft selling atau komunikasi pemasaran, maka pelaksanaan strategi pemasaran akan lebih maksimal dalam mencapai tujuan pemasaran; yaitu laba melalui kepuasan dan hubungan baik dengan konsumen. Dan akan tercipta adanya brand loyalty, sehingga konsumen tidak akan berpaling kepada produk pesaing yang sejenis

Catatan :

  1. depokphoto.blogspot.com (Oleh Septo Indarto)
  1. A.B. Susanto, *Managing Partner The Jakarta Consulting Group
  2. http://ezinearticles.com/?Social-Network-Marketing—Promoting-by-Virtual-Word-of-Mouth&id=3899511
  3. http://pages.ebay.co.uk/aboutebay.html
    http://www.wikinomics.com/blog/index.php/about/
  4. http://www.wikinomics.com/book/
  5. http://www.emall.com/
  6. http://www.proceedings2009.imcsit.org/pliks/12.pdf



Posted March 20, 2011 by mochachamo in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: