Tugas V “MANAJEMEN PEMASARAN”   Leave a comment

Nama   :           Mochamad Febi Habibie

NIM    :           43110010140

“MANAJEMEN PEMASARAN”

TUGAS V

SOAL

  1. Apakah tingkat-tingkat segmentasi pasar yang berbeda ?
  2. Bagaimana perusahaan dapat membagi pasar dalam segmen-segmen ?
  3. Bagamaina perusahaan harus memilih pasar sasaran yang paling menarik ?
  4. Apa syarat segmentasi pasar yang efektif ?
  5. Bagaimana pemasar meng-identifikasi pesaing utama ?
  6. Bagaimana kita harus menganalisis strategi tujuan kekuatan dan kelemahan pesaing ?
  7. Bagaimana pemimpin pasar dapat memperluas keseluruhan pasar dan mempertahankan pangsa pasar ?
  8. Bagaimana penata pasar seharusnya menyerang pemimpin pasar ?
  9. Bagaimana pengikut atau penceruk pasar bersaing secara efektif?

JAWABAN

  1. Mass Marketing (Pemasaran Massal), : Dalam pemasaran massal, penjual menjalankan produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal atas produk tertentu bagi semua pembeli dan dapat menciptakan potensi pasar yang terbesar, yang akan menghasilkan biaya yang lebih rendah yang pada gilirannya dapat menghasilkan harga lebih rendah atau marjinal lebih tinggi                            Segmentasi Marketing (Pemasaran Segmen), : Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama. Dengan demikian, perusahaan akan membedakan antara pembeli mobil yang sangat mencari transportasi dasar yang murah dan mereka yang mencari pengalaman berkendaraan yang mewah, sebagai contohnya.

Niche Marketing (Pemasaran Relung), : Kelompok pelanggan yang mencari bauran manfaat yang terbedakan (distinctive).

Macro Marketing, : dapat dikatakan bahwa macro marketing adalah (complete segmentasion) yaitu dalam macro marketing adalah gabungan dari tingkatan-tingkatan segmentasi yang berbeda yang telah disempurnakan dari gabungan tersebut.

2.      Perusahaan dapat membagi pasar dalam segmen-segmen dengan menggumakan beberapa variabel yang digunakan dalam segmentasi pasar konsumen, seperti Segmentasi Geografis, Segmentasi Demografis, Segmentasi Psikografis dan segmentasi Perilaku.

Segmentasi pasar konsumen : membentuk segmen pasar dengan menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda.

Segmentasi pasar bisnis : membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, daan merek.

Segmentasi geografis : Membagi pasar menjadi unit-unit yang berbeda negara, negara bagian, wilayah, propinsi, atau lingkungan rumah tangga.

Segmentasi Demografis : Terdiri dari usia, tahap hidup, jenis kelamin, penghasilan, kelas sosial, dan generasi

Segmentasi Psikografis : Meliputi gaya hidup, kepribadian, dan nilai.

Segmentasi perilaku : Meliputi kejadian, manfaat, tingkat pemakaian, status kesetiaan, sikap.

3.      Dengan cara Memilih Segmen Pasar, Memilih strategi Peliput Pasar dan Mengevaluasi segmen-segmen yang berbeda, dan dengan mempertimbangkan lima pola pemilihan pasar sasaran,  yaitu :

Konsentrasi Segmen Tunggal, melalui pemasaran yang terkonsentrasi, perusahaan mendapatkan pengetahuan yang kuat tentang kebutuhan segmen dan meraih posisi pasar yang kuat di segmen tersebut.

Spesialisasi Selektif, Perusahaan memilih sejumlah segmen secara objektif, masing-masing segmen menarik dan memadai.

Spesialisasi Produk, perusahaan menghasilkan produk tertentu yang dijualnya ke beberapa segmen.

Spesialisasi Pasar, perusahaan berkonsentrasi untuk melayani berbagai kebutuhan kelompok pelanggan tertentu.

Cakupan ke Seluruh Pasar, perusahaan berusaha mlayani seluruh kelompok pelanggan dengan menyadiakan semua produk yang mungkin mereka butuhkan.

4.         Syarat-syaratnya, :

Dapat diukur. Ukuran, daya beli, dan profil segmen dapat diukur.

            Besar. Segmen cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani.

            Dapat Diakses, segmen dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.

            Dapat dibedakan, Segmen-segmen secara konseptual dapat dipisah-pisahkan             dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap unsur dan program   bauran             pemasaran yang berbeda.

            Dapat dilaksanakan, Program-program yang efektif dapat dirumuskan untuk             menarik dan melayani segmen-segmen tersebut.

5.         Dengan cara Konsep Persaingan Industri, yaitu sekelompok perusahaan yang menawarkan produk atau kelas produk yang merupakan substitusi dekat satu sama lain.di kelompokan menurut :

-          Jumlah penjual dan tingkat diferensi

-          Hambatan masuk, mobilitas, dan hambatan keluar

-          Struktr biaya

-          Tingkat integrasi vertikal

-          Tingkat globalisasi

Dan dengan cara Konsep Persaingan Pasar, perusahaan mengidentifikasi dengan menggunakan pendekatan pasar, para pesaing adalah perusahaan-perusahaan yang memuaskan kebutuhan pelanggan yang sama. Konsep persaingan pasar membuka mata perusahaan terhadap kumpulan pesaing aktual dan potensial yang lebih luas.

6.         Setelah perusahaan menganalisis para pesaing utamanya, selanjutnya perusahaan harus mengetahui dengan pasti karakteristik para pesaing tersebut, khususnya dalam strategi, tujuan, kekuatan dan kelemahan para pesaingnya.

Strategi merupakan sekelompok perusahaan yang menerapkan strategi yang sama atas pasar sasaran tertentu dinamakan kelompok strategis.perusahaan harus terus memantau strategi para pesaing utamanya, pesaing utama yang cerdik akan merevisi strategi mereka dari waktu ke waktu.

Tujuan yaitu yang membentuk tujuan pesaing termasuk ukuran, sejarah, manajemen saat ini, dan situasi keuangan. Jika pesaing itu merupakan bagian dari perusahaan yang lebih besar, penting untuk mengetahui apakah tujuan perusahaan induk menjalankan perusahaan itu adalah untuk memaksimalkan laba atau hanya memerahnya. Salah satu asumsi awal yang berguna adalah bahwa para pesaing berusaha memaksimumkan laba mereka.

Kekuatan dan Kelemahan yaitu perusahaan perlu mengumpulkan informasi tentang kekuatan dan kelemahan masing-masing pesaing.

7.      Memperluas pasar keseluruhan, antara lain:

ü    Pemakai baru : setiap produk pasti memiliki potensi untuk menarik pembeli            yang tidak sadar akan produk tertentu

ü    Penggunaan baru : Pasar diperluas dengan menemukan dan mempromosikan          pengguanaan baru produk tertent.

ü    Penggunaan yang lebih sering : Menyakinkan orang supaya mengguanakan             lebih banyak produk pada tiap-tiap pengguanaan.

Cara pemasar mempertahankan pangsa, yaitu :

ü  Pertahanan posisi : Pertahanan posisi mencakup membangun kekuatan merek yang unggul. Yang membuat merek itu menjadi hampir tak terkalahkan.

ü  Pertahanan rusuk :  Para pemimipin juga perlu melakukan pertahanan posisi atau membuat pos-pos penjagaan di  luar guna melindungi sisi yang lemah, atau mungkin sebagai basis inovasi untuk serangan balik.

ü  Pertahanan mendahului : Pertahanan lain yang lebih agresif adalah dengan menyerang musuh sebelum musuh mulai menyerang.

ü  Pertahanan serangan balik : Kebanyakan pemimpin pasar, jika diserang. Akan menanggapi dengan serangan balik. Pemimpin dapat menghadapi penyerangan balik secara frontal, menghantam rusuknya, atau melancarkan gerakan menjepit. Serangan balik yang efektif adalah menyerbu wilayah utama penyerang sehingga dia akan menarik beberapa pasukan untuk mempertahankan wilayahnya.

ü  Pertahanan bergerak : pemimpin memperluas daerah nya ke daerah baru yang nantinya dapat berfungsi sebagai pusat pertahanan atau penyerangan di asa depan. Perluasan dilakukan melalui perluasan pasar dan deversikasi pasar.

ü  Pertahanan mundur : mundur secara perlahan bukan berarti meninggalkan pasar tetapi melepaskan daerah yang lemah dan memperkuat daerah yang kuat.

8.         Penantang pasar seharusnya menyerang pemimpin pasar agar tidak terlalu beresiko tinggi, yaitu dengan cara, :

  • Discount harga
  • Barang dan jasa diberi harga  tinggi
  • Barang yang bergengsi
  • Penganekaragaman produk & biaya yang murah
  • Inovasi distribusi  & perbaikan pelayanan
  • Penurunan biaya manufaktur
  • Penganekaragaman produk

9.        Dengan cara, :

  • Pengikut pasar harus mengetahui cara mempertahankan pelanggan yang ada dan memenangkan pelanggan yang baru.
  • Setiap pengikut pasar berusaha menonjolkan keunggulan yang tersendiri ke pasar sasarannya-lokasi, pelayanan,dan pembiayaan. Karena pengikut pasar adalah sasaran serangan utama oleh penantang pasar.
  • Harus mempertahankan biaya produksi yang rendah, dan mutu produk serta pelayanan  yang tinggi.
  • Harus memasuki pasar baru begitu pasar itu terbuka. Serta para pengikut pasar atau penceruk pasar harus dapat menentukan arah pertumbuhan, tetapi yang tidak mengundang serangan balik.
About these ads

Posted April 17, 2011 by mochachamo in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: